Selasa, 25 November 2014

OTAK KANAN DAN OTAK KIRI



kalo kita ke toko buku sering kita menemukan banyak buku tentang otak dengan berbagai macam judul. Ada cara berbisnis dengan otak kanan lah, mengoptimalkan otak kanan, keseimbangan otak, aktivasi otak kanan, aktivasi otak tengah ataupun judul-judul lainnya mengenai pembagian otak ini.


Istilah keren dari otak adalah hemisfer, Artinya ada hemisfer kanan dan kiri. Sampai hari ini pun saya masih terkagum-kagum sama materi biologis ini yang beratnya hanya sekitar 3pons untuk orang dewasa rata-rata, berwarna merah muda ke abu-abuan. Secara kondisi fisik bisa kita dikatakan tidak menarik sama sekali. Tetapi mengandung milliaran neuron yang mengontrol seluruh fikiran dan tindakan kita. Meskipun manusia sedang berusaha membuat sebuah komputer yang berusaha meniru kinerja otak dari manusia, itu bisa dikatakan mustahil, bahkan untuk mendekatinya pun itu bisa dikatakan tidak mungkin.


Ada film recomended banget nih yang membahas tentang otak, judulnya “LUCY”. Jadi gambaran besar di film ini adalah menceritakan bahwa  saat ini manusia hanya menggunakan kemampuan otaknya hanya 4%-10%. Akibat sebuah obat-obatan terlarang yang tidak sengaja ia konsumsi akhirnya memancing kemampuan otaknya bertambah. Di film ini lucy yang diperankan oleh Scarlett Johansson mengambarkan apa saja yang bisa dilakukan ketika kemampuan otak bisa di gunakan hingga 100%. Namun pada akhir ceritanya, karena overdosis, lucy mati dan amanat terakhir bahwa sepertinya tidak mungkin manusia bisa mencapai kemampuan ini karena hanya Tuhan yang bisa melakukan apa yang bisa dilakukan di 100% kapasitas otak manusia. Dalam buku “Educational Psychology”oleh Jhon W.Santrock juga  mengatakan bahwa Sinapsis ialah celah kecil antara neuron tempat hubungan antara neuron dibangun dibuat dua kali lebih banyak dibanding jumlah yang kelak akan digunakan.



Memang dibagian kanan dan kiri dari hemisfer ini mempunyai kekuatan tersendiri mengenai fungsi seperti otak kanan yang selalu difungsikan untuk pemahaman hubungan spasial, pola gambar, music, ekspresi wajah, memproses secara global dengan sudut pandang menyeluruh, berbeda dengan si hemisfer kiri dengan logika, kritis, dll. Dalam kasus real di film “Gifted Hands” yang menceritakan dokter bedah hebat bernama Dr.Benjamin Carson yang diperankan oleh   Matt Damon. Dalam kisahnya, ada seorang anak yang mengidap penyakit kejang-kejang yang mengharuskan otak kirinya di angkat. Itu artinya dia akan kesulitan mengenali orang, menulis, dan berbicara. Namun pada kenyataannya sehari setelah operasi dia mampu mengenali orang tuanya dan berbicara. Apa yang selama ini yang kita anggap pekerjaan salah satu bagian otak akhirnya mampu dilakukan dibelahan otak lain dengan latihan. Semua bagian akan memainkan peran secara tandem dikedua hemisfernya. Sebuah kesalahan berfikir bahwa jenis informasi tertentu diproses hanya di hemisfer kanan misalnya. Mereka akan saling bergantung satu sama lain menginterpretasikan dunia.

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.