Jumat, 03 Oktober 2014

DONOR DARAH

3 Oktober 2014



DONOR DARAH



Hari ini 3 oktober 2014, Pribadi ku mengakpresiasi penuh salah satu program enam bulanan yang dilakukan salah satu UKM UNMER, KSR (Korps Kesukarelawanan), dengan melakukan donor darah. Tak lupa KSR mengundang anggota PMI khususnya dari malang. Dengan adanya donor darah ini, setidaknya UNMER telah member sumbangsi terhadap kesehatan Indonesia, mengingat kebutuhan akan darah terus meningkat sedangkan persediaan yang sangat terbatas. Kegiatan ini dilakukan di gedung BM (Balai Merdeka)


Beberapa manfaat orang yang mendonorkan darahnya ialah, melancarkan peredaran darah, membuat badan sehat berisi. Walaupun mereka yang ingin mendonorkan darahnya harus memenuhi berbagai persyaratan seperti minimal timbangan 50kg, tidak boleh begadang sehari sebelumnya, mempunyai Hemoglobin normal atau tidak diperkenankan bagi mereka yang mempunyai tekanan darah rendah ataupun tinggi, bagi wanita minimal seminggu setelah haid, tidak pernah menderita penyakit-penyakit serius sepereti HIV, MALARIA, dll. Namun biasanya timbul efek samping setelah melakukan donor darah yaitu rasa pusing. Karena itu bagi para teman-teman yang baru saja mendonorkan darahnya untuk tidak melakukan aktifitas berat dalam hari pendonoran.


Untuk satu pendonor, akan menyumbang sekitar 350gr darahnya kemudian di simpan pada kantong darah dengan label golongan darah masing-masing. Di kegiatan ini, pendonor diberikan konsumsi berupa susu, roti, dan kapsul penambah darah.


Walaupun kegiatan ini berlangsung di wilayah kampus UNMER, namun tetap diperuntukkan untuk umum. Kegiatan ini tidak di padati banyak orang, hanya sekitar 50orang pendonor katanya, dan dihadiri sekitar 15 panitia. Kegiatan ini berlangsung dari jam 8 sampai jam 2siang. Aku juga dapat bocoran informasi dari teman sekelas yang kebetulan ikut menjadi panitia, Fina dan Tyas, yang mengatakan “dananya didapat dari pusat (rektorat)”. “Dana yang dihabiskan juga tidak banyak hanya sekitar 200rb yang brtitik berat untuk konsumsi peserta dan panitia.” Peminat KSR tahun ini ada 12 maba yang akan meneruskan estafet perjuangan simpati sebagai relawan.



Aku sebenarnya sedikit sedih karena tidak bisa ikut berpartisipasi sebagai pendonor, dikarenakan sudah dua minggu ini virus pilek dan batuk ,terusan dari teman kontrakan menghalangi. Ditakutkan itu akan membuat Hemoglobin ku tidak stabil. Padahal jika aku ikut mendonor, berarti ini adalah donor darah pertama kaliku. Belum lagi aku juga pernah janji sama seseorang untukmelakukan donor darah. memang semua pakar kesehatan  mengatakan mendonor darah secara rutin bermanfaat untuk kesehatan jangka panjang.

Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.