Sabtu, 17 Januari 2015

Tim Berners Lee

Kita pastinya sering mendengar nama Steve Jobs, Bill gates, Mark Zuckberg, ataupun Alan Turing. Mereka adalah tokoh-tokoh yang mempunyai andil besar dalam perkembangan Teknologi saat ini. Tokoh-tokoh  yang besar namanya karena maha karya besar,  melambungkan kepopuleran diri serta menjadi magnet kekayaan di dunia.

Namun jangan lupakan satu nama lagi, dia adalah Tim Berners Lee. Dilahirkan di London, Inggris, 8 Juni 1955. Ketika kita browsing di internet dan menemuka rentetan huruf  "WWW" berarti kita sedang menikmati karya ciptanya. Walaupun jaringan komputer dibentuk dan dikembangkan pertama kali oleh Departemen Riset Pertahanan AS, namun dengan adanya World Wide Web (WWW.) ini memungkinkan kita dapat berbagi file, dokumen gambar, musik, film, informasi bahkan menjual barang dan jasa.

Setelah menyelesaikan studi menengah atasnya. Lee melanjutkan studinya di Oxford University. Ketika masih menjadi mahasiswa, Lee sudah mampu merakit komputer sendiri dari barang-barang elektronik bekas TV. Kecerdasannya  mulai terlihat Sejak kecil. Ia sudah mulai berfikir kreatif, dan senang bermain-main dengan bilangan imajiner. Orang tuanya terus mendukung dan mengajarkan setiap aktifitas positif yang dilakukannya. Ia juga mencintai fisika karena dengan ilmu fisika, konsep eletronika dan matematika bisa tergabung.

Semua bermula pada tahun 1989, saat Lee bekerja di CERN, Laboratorium FIsika Partikel Eropa di Jenawa, Swiss. Tim Berners Lee mengusulkan sebuah proyek bernama Hypertext Global, yang dikenal sebagai "WorldWideWeb". Dan barulah ditahun 1990 dibulan Desember oleh CERN proyek ini mulai dijalankan. Singkatan HTTP (Hypertext Transfer Protocol)  sebagai sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan hipermedia dengan penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, pada akhirnya kemudian membentuk World Wide Web. 
Tim Berners Lee membuat sebuah situs web yang beralamat di http;//info.cern.ch/ (telah diarsip), sebagai situs web pertama. Online pertama kalinya pada 6 Agustus 1991 menjadi awal internet digunakan secara umum. saat itu bertepatan musim panas. di tahun 1994, perkembangan karyanya terlihat begitu melesat, ditandai dengan berdirinya World Wide Web Consortium (W3C) di Massachussetts institute of Technology oleh Berners.

Berners-Lee juga menulis piranti lunak yang mendefinisikan Hyper Text Markup Language (HTML), Uniform Resource Locator (URL), dan Hyper Text Transfer Protocol (HTTP). Kesemuanya itu adalah bahasa pemrograman yang digunakan banyak orang untuk menampilkan isi sebuah situs dan protokol bagaimana situs-situs dapat ditemukan di internet dan berkomunikasi satu sama lainnya. Dia juga adalah penulis, yang bersama dengan Mark Fischetti, menulis buku "Weaving the Web" pada masa sekarang, masa lalu,  dan masa depan Web.

Hingga kini, Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini.Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Karena kepribadian dan karyanya, ia mendapat banyak penghargaan seperti mendapat kehormatan sebagai salah satu dari 100 orang berpengaruh di abad ini versi majalah TIME. Namanya bisa disejajarkan dengan ilmuwan komputerAlan Turing, dan perintis 'kaliber' berat dari beragam bidang lainnya semacam psikoanalisis, antropologi, fisika, biologi, ekonomi, bahkan teknologi pesawat terbang. Dan pada 16 Juli 2004, dia diberi gelar kehormatan KBE oleh Ratu Elizabeth II sebagai penghormatan atas jasa-jasanya.



Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.